Selasa, September 02, 2008

Jaringan Wimax Versi Indonesia Diluncurkan Mei 2008


- Jaringan Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) versi Indonesia yang merupakan hasil riset yang dikembangkan sejumlah peneliti akan diluncurkan pada 28 Mei 2008.
Hal tersebut menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh akan menandai momentum 1000 tahun kebangkitan nasional.

"Kita akan meluncurkan Wimax versi Indonesia pada 28 Mei 2008 nanti. Ini sebagai kebanggaan nasional di bidang teknologi," kata Menkominfo dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI di gedung parlemen di Jakarta, Senin (25/9). Nuh mengatakan proyek Wimax versi Indonesia saat ini sedang dalam tahap penelitian yang dilakukan Depkominfo bersama dengan BPPT, Ristek dan LIPI.

Ia mengatakan sekarang sudah riset, kita punya hasil riset berupa bagian-bagian Wimax yang masih terpisah, masih dalam bentuk belum utuh. Kita mempunyai tugas untuk menggabungkan ini semua dengan orientasi hasil akhir produk.

Proyek penelitian dengan koordinator Depkominfo karena menggunakan anggaran dari departemen tersebut akan menggabungkan berbagai hasil riset tentang Wimax menjadi satu bagian dan hasilnya akhir berupa produk Wimax versi Indonesia.
Meski dibiayai sepenuhnya oleh Depkominfo, Nuh enggan menyebutkan biaya yang dibutuhkan dalam proyek tersebut.

Wimax adalah salah satu teknologi yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan koneksi Internet berkualitas dengan kecepatan tinggi.

Keberadaan jaringan Wimax juga memungkinkan aktivitas dan gelaran teknologi nirkabel telekomunikasi berbasis protokol internet (VoIP) semakain mudah.

wah gemana nasib wifi neh hehehe, trus kapan ya wimax ada di Pariaman...........................???

Tidak ada komentar: